PWK ITERA dan Southeast Universtity Gelar Kuliah Umum Bertajuk Research Experience Sharing of from Bachelor to Post Doctor by Prof. Chi Fang’ai
May 24, 2021
0

Pada Jumat, 21 Mei 2021 Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITERA melaksanakan Kuliah Tamu pada Mata Kuliah Pengantar Proses Perencanaan yang dihadiri oleh seorang dosen sekaligus peneliti dari Southeast University, China yaitu Professor Chi Fang’ai. Acara dipandu oleh Dosen Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Dr.-Eng. Ir. IB Ilham Malik, S.T., M.T., ATU. dan dibuka oleh Sekertaris Program Studi, Hafi Munirwan,S.T., M.Sc. Adapun topik utama pada acara tersebut adalah tentang Experience of Scientific Research from Bachelor to Post Doctor. Secara garis besar materi terdiri dari perjalanan studi Professor Chi Fang’ai yang terdiri dari Studi pada tingkat bachelor course, master course, doctor course, hingga post-doctoral research work. 

Pada tahap Bachelor Course Professor Chi Fang’ai berkuliah pada jurusan Arsitektur di Zhejiang Wanli University, China. Ia lulus dengan topik Graduation project yang berjudul Thousand Island Lake Resort Design -Tea and Health. Setelah itu Ia melanjutkan jenjang studi di Zhejiang A &F University, Academic master pada Jurusan Arsitektur. Penelitian yang dilakukan pada tahun pertama adalah tentang Theoritical knowledge of architecture and design sedangkan pada tahun kedua melakukan field measurement and research.

Ia menempuh studi doctoral di University of Kitakyushu, Jepang, dan mendapatkan beasiswa untuk berkuliah disana. Ia menjelaskan apabila, pendidikan doctor utamanya berfokus pada kegiatan kunjungan, penelitian dan komunikasi ilmiah. Pada jenjang doctor ini, Ia melakukan penelitian untuk melihat hubungan antara Energi dan Desain. Diluar perkuliahan Ia menjalankan kegiatan bersama komunitas mahasiswa disana seperti belajar Bahasa Jepang, menonton film, melakukan perjalanan dan study trip serta mengajar Bahasa Inggris di sebuah sekolah menengah di Jepang. Ia juga masih menjalankan hobinya yaitu memancing. Selama masa studi tersebut, Ia tetap menjaga prestasinya dan mendapatkan banyak penghargaan.

Setelah itu, sejak tahun 2019 Ia melanjutkan postdoctoral research di Southeast University. Universitas tersebut merupakan kampus yang dikenal berfokus pada bidang agrikultural di China. Sementara itu pada postdoctoral Ia melakukan penelitian tentang pengukuran site melalu foto udara. Ia menggunakan Drone yang dilengkapi dengan kamera infrared untuk menangkap suhu udara dan memodelkan site. Selain itu Ia juga melakukan riset pada tempat tempat di China seperti Examination Hall, dan Nanjing Museum. Hasil risetnya diterbitkan pada jurnal Applied Energy dan Solar Energy.

Melalui kuliah umum yang dilaksanakan, mahasiswa diharapkan mampu melakukan perbandingan antara proses perkuliahan tiap jenjang dan topik topik riset yang dilakukan di China dan Indonesia, terutama di bidang perencanaan kota secara umum, serta secara khusus di bidang energi terbarukan.

 

Leave a Reply