ITERA berkolaborasi dengan UTM Gelar Online Workshop PhD Inquiry Series #3
September 12, 2021
0

Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Sumatera (ITERA) bekerja sama dengan Fakultas Lingkungan Binaan dan Survei Universiti Teknologi Malaysia (UTM), mengadakan Online Workshop “Initiating PhD Enquiry” yang merupakan kontribusi dari Greenovation Research Group UTM. Workshop ini berlangsung pada tanggal 11 September 2021, menghadirkan tiga pembicara yaitu Prof. Ismail Said sebagai Kepala Greenovation Research Group tahun 2010 sampai sekarang, Tika Ainunnisa Fitria, S.T., M.T. sebagai PhD Candidate UTM dan Mathanraj Seevarethnam, B.A. (Hons), M.A. sebagai PhD Candidate UTM. Workshop diadakan melalui zoom meeting yang diikuti oleh peserta sebanyak 33 orang. Lutfi Setianingrum, S.T., M.URP. sebagai Dosen Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITERA dan sekaligus selaku moderator, membuka Workshop seri ketiga ini secara resmi.

Pemberian sambutan diawal oleh Prof. Ismail juga sekaligus memberikan penjelasan mengenai General Content dari penyusunan proposal riset disertasi yang meliputi subject background, problem statement and research gap, literature review, research aim, reserach objective, research question, research metodelogi, scope of study, anticipated findings dan references. Selain itu, dijelaskan pula langkah-langkah persiapan konten proposal riset tersebut secara runtun. Tak hanya itu, para pembicara juga menampilkan hasil proposal riset masing-masing yang membahas dua topik berbeda. Para presenter tersebut merupakan mahasiswa Program Doktoral di UTM pada tahun kedua dibawah bimbingan Prof. Ismail dimana yang pertama oleh Ms. Tika asal Jogjakarta dengan judul Adaptive Behavior of Socio Spatial Transformation Impacted by Tourism in Kampung Prawirotaman, The City of Yogyakarta, Indonesia dan yang kedua oleh Mr. Mathan asal Sri Lanka dengan judul The Prediction Model for Urban Sprawl by Integrating Socioeconomic Factors in The Batticola Municipal Council, Sri Lanka. Interaksi langsung yang dilakukan para pembicara kepada peserta membuat Workshop ini menarik untuk disimak dan didiskusikan. Pesertapun ikut aktif merespon dengan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai tahapan pada proposal riset tersebut. Diakhir acara, Yudha Rahman, S.T., M.T. selaku Dosen Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITERA memberikan paparan mengenai profil ITERA kepada seluruh audiens.

Dengan diadakannya Workshop ini, diharapkan para dosen dan peserta yang juga meliputi mahasiswa pada Program Magister dan Doktoral dari berbagai macam negara dapat mematangkan minat serta persiapan untuk memulai proposal risetnya terutama para akademisi bidang Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota, Geografi, Ilmu Sosial dan Humaniora dan bidang terkait lainnya.

Leave a Reply