ITERA berkolaborasi dengan UTM Gelar Online Workshop “Initiating PhD Inquiry”
March 2, 2021
0

Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Sumatera (ITERA) bekerja sama dengan Fakultas Lingkungan Binaan dan Survei Universiti Teknologi Malaysia (UTM), mengadakan Online Workshop “Initiating PhD Enquiry” yang merupakan kontribusi dari Greenovation Research Group UTM. Workshop ini berlangsung pada tanggal 1 Maret 2021, menghadirkan empat pembicara yaitu, Prof. Ismail Said sebagai Kepala Greenovation Research Group tahun 2010 sampai sekarang, Dr. Fata Diva Mustafa sebagai dosen senior Fakultas Lingkungan Binaan dan Survei UTM, Dr. Lee Yoke Lai sebagai dosen senior Arsitektur Lanskap UTM, dan Dr. Aminah Mohsin sebagai dosen senior fakultas Geoinformasi dan Harta Tanah UTM. Workshop diadakan via zoom juga live youtube PWK ITERA dan diikuti sebanyak 71 peserta.


Dr. Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T., selaku Ketua Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan ITERA membuka workshop secara resmi. Adapun kemudian acara dilanjutkan dengan dimoderatori oleh Lutfi Setianingrum, S.T., M.URP. sebagai Dosen Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITERA.

Pada workshop ini disampaikan oleh Prof. Ismail penjelasan mengenai mengenai PhD Research yang pada dasarnya dimulai dari curiosity, exploration, dan discovery. Selain itu, dijelaskan pula langkah-langkah persiapan perjalanan PhD Dr. Lee Yoke Lai, Dr. Fara Diva, dan Dr. Aminah Mohsin. Tak hanya itu, para pembicara juga menampilkan riset yang sedang mereka laksanakan serta beberapa laporan disertasi atau Disertation Report dari beberapa alumni UTM sebagai contoh dan pemantik ide riset untuk memulai program doktoral. Interaksi langsung yang dilakukan para pembicara kepada peserta membuat Workshop ini menarik untuk disimak. Pesertapun ikut aktif menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan, dan melakukan simulasi pencarian ide riset bersama pembicara.

Dengan diadakannya Workshop ini, diharapkan para dosen dan peserta dapat mematangkan minat serta persiapan untuk memulai studi PhD terutama para akademisi bidang Arsitektur, Perencanaan Perkotaan, Arsitektur Lanskap, Survey Kuantitas, Administrasi Pertanahan, Manajemen Fasilitas, Ilmu Sosial dan Humaniora dan bidang terkait lainnya.

 

Leave a Reply