Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Visi dan Misi

Visi Program Studi Perencanaan wilayah dan Kota

Visi PS PWK ITERA disusun dengan mengacu pada Visi ITERA dan Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, adapun Visi ITERA adalah: “Menjadi perguruan tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia, serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia dengan memberdayakan potensi yang ada di wilayah Sumatera dan sekitarnya”.
Sementara itu, Visi JTIK adalah: “Menjadi jurusan yang unggul, bermartabat, mandiri dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat di bidang ilmu keteknikan untuk kepentingan masyarakat di wilayah Sumatera khususnya, dan Indonesia serta dunia”. Berdasarkan Visi ITERA dan JTIK ITERA, maka Visi PS PWK dirumuskan sebagai berikut:
“Menjadi PS unggulan yang berwawasan holistik, mampu mengembangkan keilmuan dan penelitian dengan memperkuat pendekatan spasial berdasarkan nilai moral keadilan dan keseimbangan untuk mewujudkan perencanaan wilayah kota yang berkelanjutan di tahun 2031”.
Target
Secara umum pencapaian visi ini diharapkan tercapai pada tahun 2031 (S1 PWK ITERA = 2031) dengan indikator keunggulan berupa lulusan PWK yang tepat waktu (4 tahun), waktu tunggu maksimal 3 bulan pada bidang kerja yang sesuai dengan iptek PWK, karya ilmiah sivitas akademika yang terpublikasi pada jurnal bereputasi (untuk internasional 1 tahun 2 paper, nasional 1 tahun 4 paper).

S1 PWK-ITERA2031 = (N5 + KAT30+ KA70 + I200)R

Artinya pada tahun 2030 PS PWK mampu menjadi PS peringkat ke-5 terunggul Nasional (N5), peringkat ke-30 terunggul di Kawasan Asia Tenggara (KAT30), peringkat ke-70 terunggul di Kawasan Asia (KA70), dan selanjutnya peringkat ke-200 terunggul secara Internasional (I200), atas Ridho dan Izin Tuhan Yang Maha Kuasa (R).

Misi Program Studi Perencanaan wilayah dan Kota

Misi PS PWK ITERA mengacu pada Misi ITERA. Berkontribusi pada pemberdayaan potensi yang ada di wilayah Sumatera khususnya, dan Indonesia serta dunia melalui keunggulan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan ilmu kemanusiaan. Berdasarkan Misi ITERA, maka Misi PS PWK dirumuskan sebagai berikut:
a. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang efektif dalam bidang perencanaan wilayah kota yang berdasarkan integritas moral sebagai dasar bagi planner untuk mewujudkan kesejahteraan dan pembangunan kota yang berkelanjutan.
b. Mendorong lahirnya tenaga profesional perencana wilayah kota yang mampu menghasilkan penelitian dalam bidang perencanaan wilayah kota yang berwawasan holistic, bertaraf tinggi yang berguna untuk mewujudkan perencanaan wilayah dan kota yang berkelanjutan.
c. Mampu berkontribusi nyata dalam membentuk beradaban kehidupan manusia yang lebih baik melalui perencanaan wilayah kota dan mampu menjawab kebutuhan regional Sumatera maupun global.

Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)