Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Laboratorium dan Studio Perencanaan

Studio Perencanaan Wilayah

Pada semester VII diharapkan mahasiswa telah mendapat pengetahuan yang cukup mengenai berbagai aspek pengembangan wilayah. Studio ini dimaksudkan sebagai suatu tempat untuk menerapkan semua pengetahuan tersebut untuk dapat mengenali, menganalisis serta menyusun konsep pengembangan suatu wilayah dengan data yang sesungguhnya. Wilayah yang dimaksud dalam studio ini mencakup pengertian yang luas baik wilayah yang terbentuk secara administratif, maupun karena faktor nodalitas atau homogenitas.

Studio Perencanaan Kota

Studio perencanaan kota  ini dimaksudkan sebagai suatu tempat untuk menerapkan semua pengetahuan terkait perencanaan kota untuk dapat mengenali, menganalisis serta menyusun konsep pengembangan suatu kota dengan data yang sesungguhnya.. Ruang lingkup materi dalam studio ini meliputi survey, fakta dan analisis, dan rencana. Penyusunan fakta dan analisis terbagi menjadi beberapa aspek seperti ekonomi wilayah, sarana dan prasarana, dan lain-lain sedangkan penyusunan rencana dilakukan berlandaskan teori-teori dan konsep perencanaan kota yang telah dipelajari pada semester sebelumnya.

Studio Proses

1.       Mengenali wilayah perencanaan dari berbagai dimensi,

2.       Mengumpulkan dan memilah informasi strategis  untuk perencanaan

3.       Mengorganisasikan  data dan menyajikan dalam bentuk yang komunikatif dan menarik

4.       Memahami proses analisis –rencana dan  proses pemantauan-evaluasi dan umpan balik bagi perencanaan

Studio Perencanaan Tapak Perumahan

Matakuliah Studio Perencanaan Tapak berisi pemahaman, penguasaan dan penerapan teknik perencanaan tapak lingkungan perumahan, yang meliputi: pengenalan perencanaan tapak, analisis dan program pengembangan tapak, penyediaan prasarana dasar tapak, dan perencanaan tapak perumahan.

Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)